A. E-Commerce
perkembangan teknologi informasi menciptakan jenis-jenis dan
peluang-peluang bisnis yang baru. Dengan adanya internet menjadikan
perusahaan-perusahaan memanfaatkannya dengan menjadikan internet sebagai media
transaksi.
*Pengertian E-Commerce*
E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau
dapat melakukan transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara
berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan
fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get
and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga
sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading
(perdagangan).
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan
browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft
Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama
dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta
perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat
standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman.
Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna
credit cardnya yang menggunakan E-Commerce.
Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
- Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
- Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
- Secar otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
- Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Sejarah Singkat
E-Commerce
Sejarah
perkembangan E-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang
kemudian terus berkembang sehingga timbulah E-commerce. Pada awalnya, internet
merupakan koperasi komputer yang tidak dimiliki siapapun. Internet lahir pada
tahun 1969 ketika sebuah kelompok peneliti di Departemen Pertahanan Amerika
berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute,
Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Hubungan ini
dilakukan untuk menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu
dengan yang lain mengenai proyek-proyek pemerintah. Jaringan ini dikenal dengan
istilah ARPAnet-ARPA lebih jelasnya Advanced Research Project Agency yang
merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari
lima puluh universitas dan agensi-agensi militer telah terhubung bersama-sama
dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di
sekitar negara bagian (country) dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet,
yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara militer dan kaum pendidik,
dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan
satu dengan yang lain (interconnected), inilah awal mula "Internet".
*Macam-Macam
Model E-Commerce*
Terdapat macam-macam model pada E-Commerce yaitu
1. B2C
(Bussines to Consument)
- Disebut dengan transaksi pasar
- Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
- Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
- Meminta agar barang dikirimkan
2. B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi secara elektronik antara
entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan
B2B adalah :
- Disebut juga transaksi antar perusahaan.
- Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi. EDI adalah singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
- Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
3. 3. C2C (
Consumer to Consumer )
C2C adalah model e-commerce yang menjamur
di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko
buku online dadakan
(dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti
blogspot).
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan
produk/jasa langsung kepada individu lainnya. Salah
satu contoh bisnis E-Commerce C2C adalah website marketplace. Situs
Marketplace sudah cukup banyak saat ini, sebagai contoh adalah Tokopedia dan
Elevania.
4. 4. C2B (Consumer
to Bussines)
C2B adalah transaksi elektronik antara seorang
individu melakukan suatu transaksi dengan entitas obyek bisnis lain. Entitas
obyek bisnis dapat berupa perkelompokan bisnis maupun perusahaan.
*Ancaman Menggunakan
E-Commerce (Threats)*
Threats merupakan
kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang
dapat membahayakan asset-aset yang
berharga. Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
- System Penetration
- Authorization Violation
- Planting
- Communications Monitoring
- Communications Tampering
- Denial of service
- Repudiation
*Manfaat E-commerce Bagi Pemilik Usaha*
Berikut beberapa manfaat e-commerce bagi pemilih usaha:
- Penjualan Global
- Pengurangan Infrastruktur Perusahaan
- Pengurangan Biaya Perusahaan/ Meningkatkan Keuntungan Bersih
- Pengurangan Harga Produk
*Manfaat dan Keuntungan E-commerce Bagi
Konsumen*
Manfaat yang didapatkan oleh konsumen dengan adanya e-commerce
adalah:
- Belanja 24/7
- Menghemat Waktu
- Barang/Jasa Semakin Murah
- Konsumen Mampu Membandingkan Lebih Akurat
- Pembeli lintas Wilayah
*Kekurangan atau kelemahan E-commerce*
Kalau ada manfaat,
apakah ada kerugian atau kekurangannya? Sepertinya masih ada kekurangan dari
e-commerce yang saat ini ada seperti:
- Barang tidak mampu kalian langsung gunakan, harus menunggu pengiriman.
- Barang atau jasa tidak dapat kalian pastikan cocok tidaknya dengan anda karena anda tidak mampu mencobanya secara langsung, anda hanya dapt mengira-ngira.
- Kondisi atau keadaan barang atau jasa, ataupun kualitas sesungguhnya barang tersebut (subjektif ataupun objektif) tidak dapat anda dapatkan 100 %, karena barang atau jasa yang sebenarnya tidak didepan anda, anda tidak dapat sentuh, coba dan lainnya.
B. E-BUSSINES
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru
yang disebut dunia maya. Di dunia maya, setiap individu memiliki hak dan
kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang
menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia
maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan
manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor
yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan
telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Mobilitas manusia yang tinggi
menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan barang dan jasa dengan
cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul
transaksi menggunakan media internet untuk menghubungkan pihak produsen dan
konsumen. Transaksi melalui internet lebih dikenal dengan nama e-bisnis dan
e-commerce.
*Pengertian E-Bussines*
E-Bussines adalah penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi oleh organisasi individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan
dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan
keuntungan-keuntungan berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi,
efisiensi, dan peningkatan produktivitas dan profit.
*Macam-Macam Model E-Bussines*
E-Business terdiri dari beberapa jenis berdasarkan
karakteristiknya:
- Business-to-consument (B2C)
- Business-to-business (B2B)
- Government-to-business (G2C)
- Consument-to-consument (C2C)
*Unsur-Unsur*
Adapun unsur-unsur pada e-business diantaranya sebagai berikut:
- Pelaku bisnis
- Alat, media atau sumber daya yang digunakan
- Kegiatan dan sasarannya
- Tujuannya
- Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan
*Keuntungan E-Business*
1. Bagi
perusahaan dan pebisnis perorangan
- Memperpendek Jarak
- Perluasan pasar
- Perluasan Mitra kerja
- Biaya terkendali
- Efisien
- Cash Flow terjamin
2. Bagi
Konsumen
- Efisien dan efektif
- Biaya terkendali
- Aman secara fisik
- Harga Murah
- Fleksibel
3. Bagi
masyarakat pada umumnya
- Peluang kerja baru
- Wahana Kompetisi
4. Bagi dunia
akademik
- Tantangan Baru
- Para peneliti pendukung untuk melakukan analisa terhadap penggeseran pada bisnis
- Pembuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidika.
*Kerugian E-Bussines*
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Misalnya seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bias menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kelasahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah system perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam factor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
- Kerugian yang tidak terduga disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan factor manusia, kesalahan factor manusia atau kesalahan system elektronik.
*Contoh*
Beberapa contoh e-business saat ini yaitu koran atau media
cetak yang ada berbasis online-nya, jadi tidak hanya media cetaknya saja.
Banyak sekali media cetak yang menjalankan bisnisnya tidak hanya melalui media
cetak saja tapi juga melalui media online di internet dan tentunya banyak
sekali keuntungan yang bisa didapatkan misalnya seperti: berita yang bisa
diakses kapan saja oleh seluruh masyarakat dan berita yang lebih update dll.
Lalu contoh lainnya saat ini banyak sekali toko-toko fashion yang tidak hanya
menjalankan bisnisnya di dunia nyata tapi mereka juga menjalankan bisnisnya
dengan cara online.
*Perbedaan antara E-Commerce dan E-Business*
- E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
- E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
- E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
- E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll
C. SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah strategi pemasaran
online yang paling populer dan powerful dalam digital marketing. Penggunaan
strategi yang tepat dapat meningkatkan bisnis anda, namun apabila salah, bisnis
anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.
Strategi ini di gunakan untuk menampilkan website anda di
halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda.
Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko bunga’, apabila ingin berada
di halaman pertama saat orang mencari kata ‘toko bunga’ di mesin pencari
(seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus menggunakan SEO.
Masalahnya adalah, tempat di halaman pertama hasil pencarian
(Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat.
Sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1
hasil pencarian. Di sini adalah bagian penerapan strategi SEO.
*Sejarah Singkat SEO*
Menurut Danny
Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada
26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa
itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian
didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui
meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi
tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata
kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan
manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten
situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak
akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
*SEO
On Page dan SEO Off Page*
Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan
oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.
1. SEO On Page
Mendengar kata diatas pastinya
sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali untuk para
pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman
website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya.
Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs akan lebih dinilai relevan
oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa
dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus
diterapkan dalam on page seo :
- Title Tag
- Meta Description
- URL
- Heading (h1, h2, h3, h4)
- Image & Image ALt Tag
- Link to Site Authority
Tittle Tag
Title Tag itu sama seperti
judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini
dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai
judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul
posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
Title Tag dapat diganti
menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika menggunakan WordPress,
untuk blogger atau lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara mengganti title
tag tersebut.
Meta
Description
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan
dari kalimat artikel postingan, agar meta description terlihat menggoda
dan menarik trafik, perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti
yang sudah saya jelaskan diatas.
URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian
karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk
menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul
dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag
< title >
. Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1
(<
h1 >
) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan
heading level 6 (< h6 >
) adalah yang terkecil.
Link to
Authority Site
Link to authority site merupakan sebuah posting
yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang
dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.
Bagaimana cara mengetahui situs
yang dipercayai google? Kita dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs
tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs
tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).
Kemudian bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu situs?
cara termudah yaitu cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari
browser Google Chrome dengan
cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk Mozila Firefox dapat
menggunakan seo toolbar dari seobook.
2. SEO Off Page
Search Engine Optimization Off Page adalah cara mengoptimisasi
suatu halaman dari luar situs menggunakan backlink.
Backlink adalah Link dari halaman situs
kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang
tinggi. Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang
berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang
dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter,
WordPress, dan lain-lain. Oleh karenanya suatu situs akan
di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority
tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata
kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi. Contoh:
Dapat di lihat pada gambar diatas bahwa link situs http://www.rudinazar.com mendapatkan
backlink dari situs lain yang mempunyai PR 5, dan hal tersebut dapat menaikan
posisi situs di search engine.
*Keuntungan Melakukan
SEO*
Keuntungan-keuntungan melakukan SEO:
- Mendatangkan Traffic yang Banyak
- Meningkatkan Penjualan
- Meningkatkan Daya Saing
Daftar Pustaka:
http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
https://toffeedev.com/apa-itu-search-engine-optimization/#
http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
https://bahtiar125.wordpress.com/makalah-e-commerce/
https://wulansuciani02.blogspot.co.id/2015/04/sejarah-pengertian-dan-perbedaan-e.html
https://www.slideshare.net/materikuliah/sistem-informasi-ebusiness-makalah
http://mariadanskariati.blogspot.co.id/2016/06/makalah-e-commerce.html
No comments:
Post a Comment